Kamis, 08 September 2016

Golongan Darah Apa Yang Paling Jarang Ada Di Dunia ? Ini Dia Jawabannya

Golongan darah AB- dan B- adalah golongan darah paling langka di dunia. Golongan darah Bombay (hh), golongan darah relatif tidak dikenal, juga merupakan salah satu dari jenis darah yang paling tidak umum di dunia. Kita tahu bahwa A, B, AB dan O adalah golongan darah yang dapat Rh positif atau negatif (yaitu: A +, A-, B +, B-, B +, DAN-, O + dan O-). Di antara mereka, O + adalah yang paling umum; sedangkan AB- adalah golongan darah paling langka. Berikut ini merupakan hal yang lebih rinci mengenai hal tersebut.

AB- (AB negatif)

Golongan darah ini adalah golongan darah yang paling umum atau jenis darah paling langka di dunia. Pada faktanya ditemukan bahwa orang yang memiliki golongan dara AB- kurang dari 1% dari total populasi dunia. Tepatnya, orang yang memiliki golongan darah ini terdiri 0,45% dari populasi dunia, yaitu, 1 di 175-0 orang. Orang yang memiliki golongan darah ini dapat menerima darah dari semua RH jenis darah negatif lainnya seperti O-, A-, B- dan AB-.

B- (B negatif)

Golongan darah yang paling langka kedua di dunia adalah golongan darah B- (B negatif). Fakta di lapangan jumlah orang yang memiliki golongan darah B- hanya berkisar 1,5-2% dari total populasi dunia, yaitu, dua di 70-100 orang. Orang dengan golongan darah ini dapat menerima darah hanya dari B- dan O-.

A-, O-dan AB +

Golongan dara A-, O-dan AB + juga merupakan golongan darah langka yang terdiri dari sekitar 3%, 4% dan 5% dari total populasi dunia. jenis darah tidak merata di seluruh dunia. Namun, rasio atau persentase terhadap total penduduk, tetap sama.

Golongan Darah Bombay (hh)

Salah satu golongan darah yang termasuk  jarang di dunia adalah golongan darah bombay, nama ini diberikan karena kasus pertama ditemukan di Bombay (sekarang Mumbai). Di bagian lain dunia, ditemukan di 1 kasus di antara 250.000 orang. Tapi, di India golongan darah ini tidak begitu jarang, ditemukan dalam 1 antara 7000-8000 orang. Antigen H tidak dinyatakan dalam golongan darah ini.

Penjelasan Golongan Darah

Golongan Darah Paling Langka Di Dunia

Golongan darah dan Rhesus Factor (faktor Rh) pertama kali  ditemukan pada tahun 101 oleh seorang ilmuwan asal Austria bernama Karl Landsteiner.

Antigen dan faktor Rh

Menurut Dr. Landsteiner, darah mengandung protein yang dikenal sebagai antigen. Tergantung pada kehadiran mereka, darah diklasifikasikan dalam berbagai jenis seperti A, B, AB, dan O. Sekarang, kita tahu bahwa golongan darah juga disebut sebagai positif atau negatif. Hal ini dikenal sebagai faktor Rh (Rhesus). Hal ini juga salah satu faktor penting untuk menentukan golongan darah yang tepat dari orang tersebut. Kehadiran Rhesus faktor D dalam darah menentukan apakah kelompok darah orang tersebut positif atau negatif. Oleh karena itu, dalam kasus antigen B dan faktor Rhesus (Rh D) ditemukan dalam darah seseorang, ia memiliki golongan darah B +. Padahal, dalam ketiadaan faktor Rhesus (Rh D) untuk antigen ini, itu adalah B-.

Golongan Darah O-

Golongan darah O merupakan golongan darah yang universal, karena dapat ditransfusikan atau didonorkan ke orang dari setiap kelompok darah lainnya. Di sisi lain, AB + adalah penerima universal, karena orang-orang dengan golongan darah ini dapat menerima berbagai golongan darah lainnya. Namun, saat ini, jenis darah yang tepat yang cocok dan hanya kemudian ditransfusikan, untuk menghindari reaksi.
Saat ini, ada beberapa bank darah telah dimungkinkan untuk menemukan donor untuk golongan darah yang langka. Meskipun mudah untuk mengidentifikasi jenis darah seseorang dengan bantuan tes laboratorium, itu benar-benar akan membantu dan menghemat banyak waktu dalam kasus orang tahu golongan darah nya.
Penemuan dan identifikasi jenis darah telah menjadi salah satu penemuan paling signifikan abad ini karena telah membantu dalam pencegahan dan pengobatan berbagai kondisi yang mengancam jiwa.


EmoticonEmoticon