Jumat, 16 September 2016

Merasa Tiba- tiba Tubuhmu TERSENTAK Waktu Hampir Tertidur? Ternyata Penyebabnya Gara- gara Hal-hal Ini Lho!

Tidur sudah menjadi kebutuhan bagi manusia agar kesehatan dan kebugaran tubuh bisa tetap terjaga. Apalagi kalo badan lagi capek banget, pasti pengen dong bisa tidur tenang.  Tapi kamu pernah gak sih ngerasain hal aneh seperti kesentak kaget gitu waktu lagi tidur atau pas hampir terlelap? Biasanya yang dirasakan itu seolah- olah kamu jatuh dari ketinggian, akhirnya badan kaget dan kaki pun tiba- tiba bergerak.

Gak sedikit orang yang gara- gara hal ini, jadi gak tenang dan nangis terus tiap malam, bahkan ada yang bilang hal ini adalah ulah 'makhluk halus'.

Nah, disini Cerpen akan menjelaskan sebenarnya kenapa sih hal itu bisa terjadi? Apakah itu beneran gak normal? Yuk, simak ulasannya dibawah ini.

1. Kejadian tubuh tersentak itu normal- normal aja, karena bukan cuma kamu kok yang alamin



Menurut National Sleep Foundation, memang ada sekitar 60-70% orang yang mengalami kejadian aneh tersebut. Hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah kok, jadi tenang aja, kejadian ini bukan karena ulah makhluk halus.

2. Tubuh manusia punya dua sistem kerja yang berbeda



Hal ini dinyatakan oleh seorang pengajar ilmu psikologi dan ilmu kognitif dari University of Sheffield, Tom Stafford. Tom mengatakan tubuh manusia sebenernya punya dua sistem yang "saling berlawanan" yang membantu manusia menjalani keseharian, dari pagi sampai malam.

3. Sistem- sistem apa aja tuh?



Sistem pertama adalah sistem aktivasi retikuler, sistem ini bekerja pada saat manusia melakukan aktivitas setelah bangun tidur. Yang kedua adalah saraf ventrolateral preoptic nucleus (VLPO), pekerjaan sistem ini adalah menenangkan dan membantu tubuh untuk memasuki fase tidur, tepatnya waktu tidur dimalam hari.

4. Pada saat pergantian sistem inilah, tubuh mengalami "Hypnic Jerk"



Carl Bazil, M.D. Ph.D., kepala Sleep Disorders Center di New York–Presbyterian/Columbia University Medical Center mengatakan tubuh bisa tersentak sejenak pada waktu menjelang tidur karena adanya transisi otak yang mempengaruhi kedua sistem tubuh diatas. Nah, fenomena hentakan pada tubuh ini biasanya disebut "Hypnic Jerk".

5. Atau dengan kata lain…



Terjadinya Hypnic Jerk atau tersentak adalah "usaha terakhir" dari sistem motorik siang hari pas mau menyerahkan kontrol tubuh selanjutnya pada sistem malam hari.  

6. Kejadian ini aman aja kok buat kesehatan



Dokter Michael Breus, Ph.D., Psikolog Klinis dari American Academy of Sleep Medicine mengatakan kejadian ini tidak akan melukai manusia. Jadi kamu gak akan sakit jantung kok gara- gara kejadian ini, kecuali kalo kamu jatuh beneran dari tempat tidur. Haha…

7. Frekuensi mengalami kejadian ini bisa dikurangi



Bagi kamu yang sering mengalami hypnic jerk, dokter pun menganjurkan untuk istirahat lebih dan tidur lebih lama. Kurangi konsumsi kafein saat menjelang tidur, alkohol dan rokok. Usahakan untuk atur waktu istirahatmu, agar kamu bisa tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya.

Yuk, bagikan informasi ini kepada teman- teman dan kerabatmu!

Sumber: Cerpen


EmoticonEmoticon